Ditulis pada

Kebersamaan yang bikin awet muda

Di awal bulan Desember ini Subama Batik Cilacap memulai aktivitas kebersamaannya bersama anak anak TK Masyithoh Kroya pimpinan Ibu Yuri Kamaliyah. Sebelum ini sebenarnya Subama Batik Cilacap juga kedatangan seorang wisatawan dari Polandia yang datang secara mendadak tanpa ada pemberitahuan sebelumnya. Dengan waktu yang sangat singkat wisatawan ini sudah bisa menikmati rasa dan suasana membatik yang belum pernah dirasakan sebelumnya. Tidak hanya wisatawan dari Polandia ini yang datang secara tiba tiba, sebelumnya Subama Batik Cilacap juga sering menerima tamu mendadak yang ingin belajar membatik.

Tepat pada hari Sabtu, 1 Desember 2018 Subama Batik Cilacap berbagi keseruan membatik dibantu guru guru TK Masyithoh yang solikhah dan amanah. Dengan semangat anak anak memulai proses belajar membatik. Pertama anak diajarkan bagaimana cara mengecap selembar kain berbentuk segiempat kecil menyerupai sapu tangan. Pada proses ini anak anak dibimbing langsung oleh owner Subama Batik Cilacap yaitu Bapak Lauchul Munir. Satu per satu anak mendapat giliran untuk mengecap kain milik mereka yang dibimbing dengan pelan pelan.

Mereka mengecap selembar kain di bagian tepi hingga menyisakan satu kotakan di tengan yang nantinya akan dibatik menggunakan canting. Dalam proses mencanting, anak dibimbing dengan pelan dan hati hati. Proses ini bisa dibilang berbahaya karena terdapat malam panas yang bisa saja terkena kulit sehingga perlu pengawasan yang lebih. Jika tidak ekstra hati hati malam panas tersebut bisa melukai kulit anak anak. Pada saat mencanting Ibu Faidah selaku istri Bapak Lauchul Munir juga ikut turun tangan dalam membimbing.

Yang terakhir anak diajarkan mencolet. Di sini anak diharuskan untuk melakukannya sendiri karena proses ini sangat aman melihat anak seumuran TK pasti sudah biasa mewarnai. Sebenarnya ini bukanlah proses terakhir pembuatan batik masih ada proses pewarnaan dan nglorod tapi proses tersebut dilakukan oleh pembimbing. Setelah proses membatik sudah bener benar selesai dan sudah menjadi batik anak anak bisa membawa pulang hasil karya mereka sebagai kenang kenangan untuk mereka.

Please follow and like us:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *