Ditulis pada

Berbagi ilmu membatik bersama Subama Batik Cilacap

Batik termasuk budaya Indonesia yang perlu dilestarikan. Namun hanya sebagian orang saja yang benar benar mengenal dan tahu bagaimana batik itu di buat. Memang membatik bukanlah perkara yang mudah, membatik memerlukan ketelatenan dalam pembuatannya.

Orang dewasa pun mungkin kesulitan dalam belajar membatik apa lagi untuk anak anak usia TK yang notabenenya masih fokus bermain dan bergurau. Namun bukan berarti belajar membatik bagi anak TK adalah hal yang mustahil.

Di Subama Batik Cilacap, anak anak bisa belajar membatik secara sekilas info. Mengapa hanya sekilas info? Karena belajar membatik tidaklah cukup hanya satu atau dua hari saja. Perlu waktu lebih banyak agar bisa menguasai teknik pembuatannya.

Ada sekitar 120 siswa TKIT Quantum Mulia Kroya bisa mendapat giliran untuk belajar mencanting dan mencolet. Acara yang diadakan mulai Senin, 5 November sampai Kamis, 8 November 2018 ini berjalan lancar. Walau dalam keadaan hujan, anak anak tetap ceria dan antusias membatik.

Satu per satu anak diajari bagaimana  cara mencanting, ada sekitar 5 orang yang siap membimbing dan mengawasi proses pembelajaran tersebut. Tak hanya mencanting, anak kemudian bisa belajar mencolet hasil batikan mereka. Anak dibiarkan mencolet sendiri namun tetap dalam pengawasan.

Selain bertujuan menambah wawasan, belajar membatik juga bisa menambah daya imajinasi agar bisa menumbuhkan jiwa seni yang dimiliki anak. Di usia usia TK ingatan anak masih sangat fresh jadi harus diisi dengan hal hal yang bermanfaat. Dan belajar membatik bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat.

Di Subama Batik Cilacap tidak hanya melayani anak TK saja namun bagi sipapun yang ingin belajar membatik baik tua atau muda, kaya atau miskin semua mendapat kesempatan. Subama Batik Cilacap selalu terbuka bagi mereka yang antusias untuk belajar. Bagi yang berminat untuk belajar bisa langsung datang ke Subama Batik Cilacap yang beralamat di Jl. Betet Rt 03 / 08 Desa Bajing Kulon Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap.

Jika ada kesempatan mengapa tidak dipergunakan? Mari kita belajar bersama-sama karena sejatinya menuntut ilmu adalah kewajiban bagi setiap umat muslim.

Please follow and like us:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *